Olahraga | IPS | Sejarah

Cara Latihan Kekuatan Kebugaran Jasmani

Cara Latihan Kekuatan Kebugaran Jasmani - Komponen kebugaran meliputi beberapa hal, yaitu daya tahan kardiovaskuler atau daya tahan jantung dan paru-paru, daya tahan otot, kekuatan otot, kelentukan, komposisi tubuh, kecepatan gerak, kelincahan, keseimbangan, kecepatan reaksi dan koordinasi.

Daya tahan jantung dan paru-paru umumnya diartikan sebagai ketahanan terhadap kelelahan dan kemampuan pemulihan segera setelah mengalami kelelahan. Daya tahan yang tinggi dapat mempertahankan penampilan dalam jangka waktu yang relatif lama secara
terus menerus. 

Dampak latihan jasmani terhadap tubuh adalah meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru, memperkuat sendi dan otot, menurunkan tekanan darah, mengurangi lemak, memperbaiki bentuk tubuh, memperbaiki kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung koroner, memperlancar aliran darah, memperlancar pertukaran gas dan memperlambat proses penuaan.

Cara Latihan Kekuatan Kebugaran Jasmani

1. Latihan Kekuatan (Cara Latihan Kekuatan Kebugaran Jasmani)

Salah satu unsur kebugaran jasmani adalah kekuatan. Semua gerakan tubuh ini membutuhkan kekuatan otot dengan kualitas gerak yang efisien. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan kekuatan ini adalah berlatih menggunakan beban atau dengan kata lain latihan beban (weight training).

Sebaiknya sebelum melakukan program latihan beban sesungguhnya, disarankan agar lebih dulu mengenal berbagai bentuk gerakan seperti, antara lain sebagai berikut.

a. Mengangkat Tubuh (Pull Up) - Cara Latihan Kekuatan

Cara Latihan Kekuatan Kebugaran Jasmani
Cara Latihan Kekuatan Kebugaran Jasmani

Gerakan pull up adalah latihan untuk kekuatan otot lengan dilakukan di atas palang tunggal. Caranya
kedua tangan menggantung di palang tunggal kemudian tubuh diangkat dengan cara siku ditekuk sehingga posisi dagu di atas palang tunggal.

Selanjutnya, badan diturunkan kembali. Lakukan latihan gerakan pull up ini berulang-ulang. Pada setiap giliran (pengulangan latihan) berusaha menambah jumlah angkatan. Lakukan latihan ini bersama temanmu secara bergiliran atau bergantian.

b. Gerakan Push Up - Cara Latihan Kekuatan

Sikap awal gerakan push upadalah tidur tengkurap, telapak tangan dibuka dan kedua lutut
bertumpu pada lantai. Angkatlah badan dengan cara menekuk dan meluruskan siku tangan berulang-ulang perlahan-lahan. Posisi badan dan kaki selalu lurus. Pertahankan posisi badan dan turunkan badan pada posisi semula. Lakukan latihan ini secara berulang-ulang.

Variasi bisa dilakukan gerakan push up sambil tepuk tangan. Caranya push up dilakukan dengan cepat. Lakukan push up sambil melakukan gerakan tepuk tangan. Adakan lomba dengan temanmu. Siapa yan tercepat dan terbanyak melakukan tepuk tangan sambil push upmenang.

c. Gerakan Sit Up - Cara Latihan Kekuatan

Latihan ini berguna melatih kekuatan otot perut. Orang yang rajin melakukan sit up otot perutnya akan lebih kuat. Misalnya, seorang petinju dan binaragawan. Latihan ini bisa dilakukan dengan bantuan teman atau alat penahan. Caranya tidur telentang, kedua lutut ditekuk, dan kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Mintalah temanmu memegang kakimu. Badan diangkat hingga dalam posisi duduk. Kedua tangan tetap berada di belakang kepala. Lakukan gerakan secara berulangulang selama 2 x 8 hitungan bersama temanmu. Gerakan bisa dilakukan dengan mencium kedua lutut secara bergantian.

d. Latihan Back Up - Cara Latihan Kekuatan

Tujuan gerakan back up adalah untuk menguatkan otot perut dan punggung. Caranya tidur telungkup, kaki rapat, dan kedua tangan berpegangan di belakang kepala. Mintalah temanmu memegang kakimu. Selanjutnya, angkatlah badan sehingga dada tidak menyentuh ke lantai, dan posisi tetap menyentuh lantai. Ulangi gerakan ini selama 2 x 8 hitungan bersama temanmu.

e. Latihan Squat Jump - Cara Latihan Kekuatan

Tujuan latihan squat jumpadalah menguatkan otot kaki dan perut. Caranya adalah posisi awal berdiri kedua tangan di atas tengkuk. Mulailah menekuk kedua kaki secara bergantian sehingga salah satu lutut bengkok selama 30 detik. Kembalilah ke posisi awal. Lakukan berulang-ulang.

Cara Latihan Kekuatan Kebugaran Jasmani. Semoga tips dari dollarbieaday ini bisa bermanfaat yah.

Cara Latihan Kekuatan Kebugaran Jasmani Rating: 4.5 Diposkan Oleh: azhar al